Friday, February 24, 2017

Perbedaan Ilmu Dan Nilai

Perbedaan Ilmu Dan Nilai



Perbedaan


Semuanya masih sehat? kalau masih sehat alhamdulilah kalau sakit ya semoga lekas sembuh. Sahabat semua,pada kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang "Perbedaan Ilmu Dan Nilai" Sahabat semua pasti ingin tahu kan? kalau ingin tahu simak ya artikel berikut.


  •  ILMU

    Pada dasarnya ilmu adalah pedoman yang di berikan kepada Allah SWT untuk manusia agar manusia dapat mengerjakan kewajibannya dengan benar dan mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Dari mana kita mendapat ilmu? Kita mendapat ilmu tidak melalui guru kita saja,kita juga mendapat ilmu dari lingkungan sekitar dari orang tua,teman,saudara,tetangga dan lainnya. Ilmu juga bisa di dapat dari Al-Quran. Hukum mencari ilmu itu wajib bagi ummat muslim baik laki - laki maupun perempuan. Sebagaimana Hadits berikut :

???? ??? ??? ????)) ?????? ????????? ?????????? ????? ????? ???????? ?? ??????????
Artinya :
Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari)
    Ilmu sangat berperan penting dalam kehidupan kita.Bayangkan jika kita tidak memiliki ilmu maka kita akan tidak mengerti tujuan kita hidup di dunia ini. Oleh karena itu Allah SWT telah memberikan kita ilmu agar kita dapat menjalani kehidupan di dunia ini untuk mempersiapkan diri untuk mempertanggung jawabkan berbuatan kita di dunia ini kelak di yaumul qiyamah nanti.

    Dari sini kita tahu apa sebenarnya ilmu itu dan apa peran ilmu dalam kehidupan kita. Jadi marilah kita senantiasa mencari ilmu dimanapun kita berada dan apapun kondisi kita selagi masih bisa, Karena Ilmu bersifat permanent/tidak akan ada habisnya,akan berguna selalu dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

  • NILAI
    Nilai adalah reward atau imbalan yang di berikan kepada suatu orang karena telah melakukan pekerjaan nya dengan baik. Cohtoh : ketika kita menghadapi ujian. Setelah kita melakukan ujian maka kita akan mendapat ninal dari guru kita. Di samping itu nilai hanya berlaku di saat tertentu saja. kita tidak dapat menggunakan nilai kita untuk kegiatan sehari - hari.

    
    Fungsi nilai dalam kehidupan kita sebagai pengukur kemampuan suatu orang,tetapi nilai seseorang juga tidak pasti untuk mengukur kemampuannya dengan alasan nilai bisa saja di curangi. Contoh : Saat ujian ada teman kita yang mencontek jawaban teman lainnya,dan saat penilaian teman kita yang menyontek tadi nilai nya tertinggi sedangkan teman yang di conteki malah di bawahnya.


    Dari Contoh diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa nilai seseorang tidak mencangkupkan perilaku dan kemampuan suatu orang. Nilai seseorang hanya berlaku di dunia kecuali nilai amalan kita saat di dunia.


    Sekian dari saya,semoga artikel di atas bermanfaat bagi kita semua.semoga Allah SWT meridhai kita dan melindungi kita dari segala musibah. Jangan lupa bagikan artikel ini agar kita semua bertambah ilmunya. Barangsiapa yang mengajarkan ilmunya kepada orang lain,maka Allah SWT akan mengajarkan ilmu yang belum diketahuinya. Kurang lebihnya mohon maaf.

  Wassalamualaikum wr.wb

Available link for download

download
alternative link download